Thursday 2 April 2015

Umang

Umang adalah makhluk seperti manusia bertubuh kecil,kalau berjalan, kakinya terbalik, tumitnya menghadap ke depan sedangkan jari-jari kakinya ke arah belakang.Mahluk ini sering dikategorikan sebagai mahluk halus, mungkin karena kemunculanya yang misterius dan sampai sekarang keberadaanya pun masih menjadi tanda tanya bagi orang banyak.

Cerita mengenai umang, juga dimiliki oleh aceh dimana umang dikatakan sebagai suku Mante yang telah punah. Suku itu sudah ada sebelum Islam masuk ke tanah Aceh pada abad ke-14. Mereka hidup di Gunung Seulawah dan Leuser. Rambut mereka keriting, kulit kehitam-hitaman. Tinggi tubuh maksimal 140 cm. Mereka makan keladi, buah-buahan, dan akar-akaran,dimana jari jari dan telapak kakinya berbeda dengan manusia  "Mereka mirip suku Pigme, yang sampai sekarang masih ditemukan di Afrika bagian selatan,"

Umang sendiri bertempat tinggal di dalam sebuah batu, yang konon katanya batu tersebut tidak akan dapat dilihat oleh mata manusia biasa , jika tempat tinggalnya tersebut masih di huni oleh umang tersebut. Menurut pendapat sebagian orang tua yang mengetahui cerita tentang umang,tempat tinggal umang saling berkaitan dengan tempat umang lainnya karena dipercaya ada lorong rahasia yang menghubungkan satu sama lainnya.
seperti. Gua yang di percaya sebagai rumah umang terdapat di kuta gerat, kuta buluh, sibolangit, bintang meriah,kemawa,nodi dan sebagainya.

Umang sendiri dapat dikatakan mahluk yang baik karena kerap membantu manusia. ada yang percaya bahwa umang yang mengajarkan orang karo tentang teknologi untuk bertani, berburu dan lain sebagainya.Menurut cerita para orang tua, dahulu di daerahnya pernah ada orang yang dibawa oleh umang, dan ketika dia kembali, dia menjadi seorang yang mempunyai kepintaran didalam pengobatan walau ada juga ada yang menjadi tidak waras.

Sedikit rahasia mungkin tetapi inilah cerita, Konon katanya Umang selalu menyuci pakaian di tengah malam dan terkadang Umang selalu menyuci pakaiannya di setiap rumah yang dilihatnya.


Apakah kita pernah mendengar, ada suara sedang menyuci pakaian dari kamar mandi rumah kita di tengah malam ? Percaya tidak percaya itulah Umang yang sedang berkunjung kerumah kita.




No comments:

Post a Comment