Monday 2 March 2015

Tio Fanta Pinem bre Tigan na

Artis nasional serba bisa yang menurut kebanyakan orang,seseorang yang tidak jaim , komunikatif ,ikhlas ,cepat beradaptasi dengan setiap audiensnya.Dimana pernah tampil di suka makmur dan di tonton 30000 orang di pertengahan  tahun 1990.

Tio fanta Pinem lahir di sidikalang,sebuah kota kabupaten yang berjarak 110 km dari Medan ,Sumatera Utara pada tanggal 17 Maret 1964 dari pasangan M.Pinem dan M br Tarigan. Siti merupakan  nama kecil dari Si Tio Fanta Pinem mempunyai arti sebagai pegangan hidup, dimana nama ini diberikan kepadanya sewaktu dirinya dibaptis Di Gereja HKBP oleh Bapak ST.L.angkat setelah sehat dari penyakit  kurang berat badan di masa kecil.TIOPAN berarti 'yang harus dijaga,sedangkan TA adalah menunjukan identitas sebagai nama nama orang dari suku karo.

Dimasa Sekolah dasar, tio fanta bukanlah murid yang pandai, nilai-nilainya pas pas saja, tetapi kelebihannya adalah seseorang yang pemberani,komunikatif dan mudah beradaptasi dengan teman teman nya tanpa membedakan status sosial. tio kecil yang merupakan anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara dari pasangan M.Pinem diberikan perhatian yang berlebih terlihat dari setiap berangkat dan pulang sekolah,sang ayah dan ibu akan menuntunya menyeberangi jalan,diikuti oleh anjing kesayangan tio kecil karena sekolah dasar yang dipilih dekat dari kediaman mereka. namun kebijaksanaan dari orang tua mereka, tidak menimbulkan iri hati dari saudara saudara nya dan terbukti hingga kini mereka bersauddara selalu alam keadaan kompak dan saling membutuhkan.

Di era 70 - 80 sangat jarang kota kota setingkat kabupaten mengdadakan showbiz apalagi medatangkan penyanyi yang sedang melambung nama baiknya ditingkat provinsi ataupun nasional.
Suatu saat , sebuah pertunjukan musik akan digelar di bioskop sidikalang, sehingga warga jarang mendapat tontonan menjadi antusias, termasuk tio fanta . Namun perlu diketahui bahwa sang ibu adalah seorang yang ketat dalam menjaga anak anaknya terlebih anak perempuan, apalagi saat mulai matahari terbenam anak anak tidak dapat keluar rumah lagi. mengetahui hal tersebut,Tio Fanta Pinem yang sedang getol getolnya menyanyi mulai putar otak agar dapat lolos dari peraturan Sang Ibu dan menyaksikan pertunjukan tersebut yang diadakan di siang hari.

Ketika acara pertunjukan yang diadakan di gedung bioskop usai, Seorang Ibu lewat didepan rumah Tio Fanta Pinem dan berbicara dengan antusias dengan Sang Ibu , bahwa tadi tio fanta tampil bernyanyi diatas panggung sebab didaulat masyarakat. Sang Ibu membantah dan mengatakan bahwa anaknya sedang tidur di kamar semenjak pualng sekolah.

Namun kenalan tersebut bersikeras dengan keterangan nya bahwa mengutakan bukti dengan ikut memberikan saweran kepada tio fanta pinem. Kapan Ti fanta  berhasil melarikan diri dari rumah? Mendengar hal tersebut Sang ibu bergegas memeriksa kamar tidur dan Ternyata.

Tio fanta berpura pura tidur dan meloloskan diri melalui pintu pagar belakang rumah dengan cara meluncur melalui pohon jambu di belakang rumah dan itu sering terjadi manakala ibunda tidak memberi ijin ketika ada pertunjukan musik dari luar kota yang diadakan di kota sidikalang.

Yang dikhawatirkan ibundanya adalah Tio fanta pasti berusaha tampil dan sang ibu takut dirinya salah bernyanyi. Bahkan hingga saat ini Sang Ibu masih grogi ketika melihat Show Tiofanta,Sang ibu masih menganggap dirinya masih kecil dan masih dalam asuhannya.

keberanian tio fanta untuk selalu tampil dalam urusan menyanyi memperkaya pengalamannya , apalagi daerah dairi, menyanyi adalah bagian dari budaya setempat. Di sekolah pun Tiofanta berusaha untuk menjadi majorette dalam karnaval drum band,juga dukungan dariorang tua dan saudara saudaranya. Kerap kali sang ayah bolak balik ke medan untuk membeli kaset kaset keluaran terbaru, menjadikan tio fanta belajar mengenal jenis jenis lagu dan dalam taraf mencari idolanya. Idoalanya pada saat itu adalah penyanyi cilik Chica Koeswoyo dan penyanyi sekaliber dunia Olivia Newton Jhon dan Nana Mouskori juga kelompok musik ABBA

.......... Bersambung



1 comment: